Monday, December 23, 2013

Penyakit Yang Muncul Di Musim Penghujan

Akhir-akhir ini musim penghujan sudah menemui puncaknya.hampir tiap hari hujan turun dengan mudahnya.begitu banyak jenis-jenis penyakit bermunculan.sebagai masyarakat kita harus tahu serta ikut aktif menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Penyakit yang muncul di musim hujan tidak hanya disebabkan karena cuaca melainkan bagaimana masyarakat mau merawat tempat tinggalnya agar terhindar dari penyakit.ada banyak hal yang bisa kita antisipasi yaitu jangan membuang sampah sembarangan,makan makanan yang higienis dan selalu periksa ke puskesmas jika anda mengalami gejala awal penyakit.

Beberapa penyakit yang menyerang kebanyakan masyarakat di musim peghujan.mungkin anda bisa membacanya dan tahu akan apa yang bisa anda hindari nantinya.

1.Diare
   penyakit ini berhubungan dengan kebersihan setiap masyarakat.gejalanya adalah buang air besar cair berkali-kali.disebabkan oleh bakteri bernama Escherichia coli.pertama akan menginfeksi usus hingga menyebabkan tinja cair dan berlendir.penderita diare disarankan banyak mengonsumsi cairan.dan apabila kondisi kurang berkembang,lebih baik ke dokter.

2.Demam Berdarah (DBD)
   disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypty.nyamuk ini tumbuh dengan cepat di tempat-tempat bergenang.langkah antisipasinya adalah memperkuat daya tahan tubuh dan bersihkan barang-barang yang bisa menimbulkan genangan seperti kaleng,ember,kolam dll

3.Penyakit Kulit
  musim hujan menimbulkan penyakit kulit berupa gatal-gatal.biasanya anak-anak suka bermain air hujan.bermain air yang keruh dan bikin gatal.cara menangani,pakai saja obat kulit.

4.Demam dan Flu
   jangan anggap hanya kehujanan saja tak menganggu kesehatan anda.demam merupakan gejala awal sebuah penyakit.ketika anda kehujanan dari tempat kerja,lebih baik ketika sampai di rumah langsung mandi.dan konsumsilah makanan dengan kadar giszi yang optimal.

No comments:

Post a Comment